Jumat, Mei 16, 2008

Always Remember about Death

Prolog : Selain rutinitas duniawi, adakalanya kita harus tetap mengingat kematian, karena suatu saat kita semua yang hidup pasti akan mengalami kematian.

Dalam Al Qur'an, Allah Ta'ala berfirman :
  • Setiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat akan disempurnakan pahalamu. Siapa saja yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan surga, sesungguhnya ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdaya.(Ali Imran:185)
  • Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dijalaninya besok, dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana ia akan mati. (Luqman:34)
  • Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Siapa saja yang berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi. Dan belanjakanlah sebagian apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu. Lalu ia berkata : "Ya Tuhanku, mengapa engkau tidak menangguhkan kematianku sampai waktu yang dekat agar aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang soleh", dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan kematian seseorang apabila telah datang waktu kematiannyadan Allah Maha mengenal apa yang kamu kerjakan. (Al Munaafiquun : 9-11)
Semoga tulisan di atas dapat kita jadikan renungan tentang kematian yang suatu saat nanti pasti kita alami, serta dapat kita jadikan pedoman untuk selalu menjalani hidup dengan benar di jalan Allah . Amin.

Sumber : Kitabullah Al Qur'anul Karim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar