Senin, Juli 28, 2008

Hadist Rasulullah Saw mengenai pentingnya menjaga kebersihan

Ada beberapa hadist Rasulullah Saw mengenai pentingnya menjaga kebersihan :
  • Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., bahwasanya Rasulullah Saw pernah bersabda : "Janganlah salah seorang dari kamu kencing di air yang tidak mengalir yang kemudian dipakai untuk mandi". Menurut riwayat lain : "Janganlah kamu kencing di air yang diam yang tidak mengalir, kemudian kamu pergunakan untuk mandi". (HR. Muslim)
  • Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., bahwasanya Rasulullah Saw pernah bersabda : "Takutlah/hindarilah dua orang yang terlaknat. Para sahabat bertanya, "Siapa dua orang terlaknat itu wahai Rasulullah ?", beliau menjawab, "1. Orang yang buang air besar/kencing di jalanan manusia, 2. Atau di tempat orang-orang berteduh". (HR. Muslim)
  • Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., bahwasanya Rasulullah Saw pernah bersabda : "Apabila salah seorang dari kamu bangun tidur, maka janganlah memasukkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia membasuhnya 3 kali karena ia tidak tahu di mana tangannya berada semalam". (HR. Muslim No.105)
  • Diriwayatkan dari Anas r.a., ia berkata : Rasulullah Saw apabila masuk ke tempat buang air, beliau mengucapkan do'a "Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan kotoran". (HR. Bukhari, Muslim)
  • Diriwayatkan dari Mush'ab bin Sa'ad, ia berkata : Abdullah bin Umar r.a. pernah masuk ke tempat Ibnu Amir untuk menjenguknya ketika sakit, lalu ia bertanya, "Hai Ibnu Umar, ketika di Basrah mengapa kamu tidak berdo'a kepada Allah untuk saya?" Abdullah bin Umar menjawab, "sesungguhnya saya pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, "Allah tidak menerima shalat/do'a tanpa bersuci dan tidak menerima sedekah dari hasil penipuan (hasil yang tidak halal)". (HR. Muslim 104)
Tentunya masih banyak hadist lain mengenai kebersihan yang pernah para sahabat Rasulullah Saw sampaikan, ini hanya sedikit beberapa hadist Rasulullah Saw untuk kita jadikan pedoman betapa pentingnya kita untuk selalu menjaga kebersihan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar