Selasa, Agustus 19, 2008

Pelatihan Mental & Spiritual


Tgl 14-16 agustus 08, saya ikut pelatihan mental spiritual yg diselenggarakan oleh diklat pesantren Al Azhar di Cigombong (Lido Sukabumi). Seru banget soalnya banyak pakai media sejenis outbond2 gitu deh. Di sana kita akhirnya bisa coba flying fox, high roof, wall climbing, bamboo trap, cari2 kepeng uang dgn ngikutin petunjuk & peta, etc.
Di pelatihan tsb sy akhirnya jd tau kalo sy termasuk jenis org yg introvert, dimana kalo org yg kayak gini nih paling gak bisa ngungkapin segala sesuatu tuh ke omongan, biasanya lebih cenderung dipendam. Positifnya org introvert tuh segala sesuatunya harus dipikirin dulu yg matang sebelum bertindak (gak grasak grusuk), detail, cinta damai, gak suka gosip, gak ngoyo ambisiusan, pendengar yg baik, gak gampang bosenan, 'n so on sejenis itulah. Tapi jeleknya org introvert tuh kayaknya jd org yg monoton, gitu2 aja, krn gak suka coba tantangan2 baru utk berkembang.

Nah, kebalikannya org introvert ya org yg ekstrovert. Sifat org ekstrovert jelas kebalikannya org introvert, yaitu banyak bicara, segala sesuatu lebih diungkapkan ke omongan, melihat sesuatu secara global, sering bertindak spontan (tanpa direncanakan lebih dulu), suka tantangan2 baru, dinamis. Nah bagusnya org ekstrovert tuh cepat dalam mengambil keputusan, cepat berkembang karena senang mencoba hal2 baru.

Dari perbedaan antara keduanya, sy berpikir agar mencoba untuk mengambil sebagian sisi org ekstrovert untuk menutupi kelemahan sisi introvert kita. Di pelatihan kemarin, sy jd mencoba byk tantangan2 baru yg butuh keberanian mental. Sy mencoba wall climbing, biarpun cuma berhasil gak sampai di ketinggian 10 m, minimal sy pernah mencoba yg namanya manjat tebing buatan, pas jatuhnya itu lho yg excited banget, kayak di dufan. Trs ada lg flying fox, bayangin kita meluncur di ketinggian 100 m, yg ada jerit deh tuh sekenceng2nya, boro2 bisa nikmatin view alam yg t'hampar di bawah kita. Trs the last night, kita diajak ngerenung mengingat kematian yg pasti suatu saat akan menjemput kita, kita dihadapkan pada sebujur jenazah (buatan) yg sdh dikafani, kemudian jenazah dibawa dengan tandu keranda untuk dimakamkan, semua peserta pelatihan ikut menuju ke pemakaman yg sdh disiapkan, di sisi liang lahat yg sdh digali, kita diminta menulis semua dosa2 yg pernah kita buat, kemudian tulisan dosa2 kita ikut dikubur dgn jenazah, itu diartikan agar kita tutup semua masa lalu kita yg penuh dgn perbuatan2 dosa, kita mulai dgn yg baru yg selalu diisi dgn kebaikan2.

Byk manfaat dari pelatihan motivasi mental & spiritual ini, di antaranya kita jd tahu byk kekurangan2 kita dan bgm cara kita mengendalikan/mengelola kekurangan kita tsb, selain itu potensi kita yg selama ini blm disadari kalau kita miliki, jd digali utk dikeluarkan/didayagunakan.

Intinya untuk mengawali sesuatu yg positif haruslah dimulai dari kesadaran diri kita masing2 untuk memulai berbuat kebaikan & meninggalkan segala sesuatu yg sifatnya negatif, sulit.. pasti iya, tp hrs dimulai dari sekarang...
Semoga bermanfaat.. dan semoga Allah senantiasa bersama kita.. amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar